jump to navigation

Tips Merubah Library pada Eagle 5 January 24, 2009

Posted by ayoenx in Design PCB.
trackback

Tips Merubah Library pada Eagle

Dalam pembuatan suatu PCB, ada banyak hal dan kendala yang dapat mengurangi kesempurnaan pekerjaan membuat PCB. Salah satu diantaranya adalah lubang kaki – kaki komponen yang sudah dirancang tidak pas dengan komponen fisik yang ada. Kendala ini akan dapat mengakibatkan komponen fisik tidak akan terpasang dengan rapi atau juga dapat menimbulkan bentrok antar jalur rangkaian sehingga kinerja dari rangkaian tersebut tidak akan berjalan segaimana mestinya. Dalam artikel ini, kita akan sedikit mengatasi permasalahan diatas dengan sedikit manipulasi library yang telah ada pada Eagle.


Untuk merubah kaki – kaki pada komponen agar cocok dengan komponen fisiknya, tentunya harus sedikit teliti saat menentukan atau merubah suatu kaki komponen dalam library eagle tersebut agar hasilnyapun memuaskan. Langkah – langkahnya merubah suatu library atau sketsa komponen fisik pada eagle akan diterangkan sebagai berikut:

· Langkah pertama, pilih “New>File>Library”

image13

· Langkah selanjutnya, pilih Library yang berisi sketsa komponen fisik dari komponen yang akan diubah dengan membuka file library eagle pada “File>Open . Sebagai contoh kita akan merubah sketsa komponen “PINHD-1X2” pada Library “pinhead.lbr”.

image2a

image2b

Bila yang menjadi kendala kita adalah pada saat melubangi / mem-bor PCB, itu berarti kendala yang ditangani hanya merubah sketsa komponen fisik, tidak usah merubah symbol yang ada karena tidak berpengaruh dalam hasil cetak dalam pembuatan PCB. Tips dibawah ini akan sedikit menerangkan tentang merubah sketsa fisik dengan mengatur kembali Pad / lubang untuk disesuaikan dengan komponen fisiknya yang dapat memudahkan pemasangan komponen pada komponen header 1X02.pac yang ada pada library pinhead.lbr.

image31

Setelah terlihat sketsa komponen fisik headaer 1X02 seperti diatas, klik kanan pada pad / lubang yang akan dirubah lalu pilih “Properties” seperti pada gambar dibawah ini.

image41


Setelah muncul jendela “Properties”, anda tinggal memainkan settingan default sketsa fisik yang ada, Bila ingin memperbesar lubang / pad, ubahlah pada “diameter” dan “drill”. Bila ingin merubah bentuk dari “Drill” maka ubahlah pada “Shape” yang didalamnya terdapat beberapa opsi yaitu diantaranya Long, Square, Octagon, Offset dan Round.

image51


Setelah anda selesai merubah sketsa fisik sesuai dengan komponen yang akan dipakai, simpan pekerjaan anda dengan memilih “File>Save”. Sketsa fisik komponen header 1X02 yang ada dalam “pinhead.lbr” telah anda rancang kembali dan siap dipakai.

image61


Sketsa fisik komponen header 1X02 yang ada dalam “pinhead.lbr” telah anda rancang kembali dan siap dipakai.

Comments»

1. alit - November 10, 2013

saya mau buat tda2030, pake MAXIM max98*,mw tnya klo tulisa di kaki kaki nya itu apa bisa di ubah juga,?? trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: