jump to navigation

Merancang Library Sendiri di Eagle January 29, 2009

Posted by ayoenx in Design PCB.
trackback

Merancang Library Sendiri di Eagle

Sebagaimana kita ketahui, di dalam Eagle sendiri telah tersedia library – library yang isinya berupa sketsa fisik dan sketsa untuk membuat file skematik, namun library tersebut tidak sepenuhnya menyimpan rangkaian ataupun sketsa yang kita punya. Bila mana kita mempunyai suatu komponen yang ternyata sketsanya tidak terdapat di dalam Library eagle, kita dapat menanggulanginya dengan membuat sendiri sketsanya dan dimasukan dalam library kita sendiri.

Langkah demi langkanya membuat library tersebut akan diterangkan sebagai berikut :

  • Dalam Control Panel Eagle, Pilih File > New > Library seperti gambar di bawah ini

image1

  • Anda akan melihat jendela baru seperti gambar berikut, lalu pilih menu symbol untuk membuat symbol dari komponen yang akan kita buat.

image2

  • Setelah muncul jendela edit, isikan pada edit New nama dari komponen yang akan dibuat

image3

  • Pada jendela Library, anda akan menemukan menu “Pin” yang berguna untuk menentukan Input / Output pada komponen yang akan dibuat. Dengan memilih menu “Pin”, anda akan menentukan sendiri arahan komponen yang akan dibuat, dalam hal ini kita akan menentukan Input / Output suatu komponen dengan memilih “I/O” dalam menu “direction” seperti gambar di bawah ini.

image4

  • Letakan pin tersebut sesuai dengan kebutuhan dari komponen yang akan dibuat dan juga beri nama setiap pin tersebut untuk memudahkan penggunaan merancang rangkaian skematik.

image5

  • Setelah meletakan pin – pin tersebut, rancang symbol tersebut sesuai dengan keinginan dan kemudahan untuk mengenal komponen tersebut dengan menggunakan tools “Wire”.

image6

  • Berikan nama dari symbol yang telah kita buat dan simpan hasil kerja kita.

image7

  • Setelah selesai merancang symbol dari sebuah komponen, kita akan merancang komponen fisik komponen dengan menggunakan fasilitas “package editor” dengan memilih tools “Package”.Setelah memilihnya kita akan melihat edit baru dan akan kita isikan nama dari komponen fisik yang akan dibuat.

image8

  • Kita akan dihadapkan didalam jendela baru library yang akan kita gunakan untuk merancang komponen fisik. Gunakan tools yang ada pada eagle seperti “Wire” untuk merancang komponennya, dan tools “Pad” untuk merancang kaki – kaki dari suatu komponen dengan catatan, letak dari “Pad – Pad” tersebut harus sesuai dengan kaki – kaki komponen yang ada.

image9

  • Bila sudah selesai dan memastikan “Pad” yang ada telah sesuai dengan kaki – kaki komponen, Selanjutnya kita akan menyesuaikan symbol dan sketsa fisik dalam fasilitas “Device Editor” dengan memilih tools “Add”. Pilih symbol yang akan disesuaikan dengan kompone fisik. Pilih “New” untuk mempaketkan symbol dengan komponen fisik yang telah dibuat untuk membentuk library baru.

image10

  • Hubungkan “pin” dalam symbol dengan “pad – pad” yang ada pada sketsa komponen fisik sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang ada pada komoponen fisik yang ada dengan menggunakan button connect.

image11

  • Setelah selesai mempaketkan symbol dan sketsa komponen fisik tersebut, simpan pekerjaan anda tadi dengan bentuk file .lbr.

image121 Library baru anda telah siap digunakan.

Advertisements

Comments»

1. Nanda - September 8, 2014

ijin belajar ya, thankyou udah share 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: